Looking for a job - story (02)

Hay gaess, dah makan belum? ane mau lanjutin lagi cerita ane tentang perjalanan ane mencari kerja gaess, untuk yang kali ini mencari kerja. saat sedang kuliah, ane masuk kuliah tahun 2007 dan diawal awal itu ane memiliki banyak pengalaman lucu dan memalukan,haha kayak nyanyi didepan temen2 dengan tujuan ngasih tahu keseseorang bahwa selama ini yang jadi penggemar rahasianya adalah aku,hahaha lucu dan memalukan,hahaha,, oke dah kembali lagi ke topik pembahasan, saat awal kuliah ane fokus kuliah dan tahun 2008 ane coba ikut UKM di universitas ane, namanya UKM Racana, disitu ane mau ambil ilmu organisasi dan kesempatan mengajar Pramuka di SD, ane kan ambil pendidikan, jadi setelah wisuda ane mau ngajar alias jadi guru bahasa Inggris, jadi ane mau ngasah kemampuan ane mengajar yang efektif itu gimana, tentunya harus paham betul dengan materi yang akan kita sajikan gaess, itu kunci utama, penguasaan materi, maka nanti akan keluar kemampuan kita mengorganisir atmosfer kelas, sok banget dah ane ini.  Sedikit bercerita tentang pengalaman ane di UKM Racana, ane kan bergabung tahun 2008 dan ternyata tahun 2009 ane dah kepilih jadi Ketua, buset dah,,,   ("Mengapa Murung, Deo (cerpen)" in youtube)
Saat itu ada teman ane ngajak ane untuk ikut mengajar Pramuka di SD, nah ini adalah awal ane kerja saat sedang kuliah, mengapa ane sebut kerja? Karena sebulan sekali ane dapat pengganti bensin, hahahahaha ternyata mengajar itu susah2 gampang gaess, ngajar anak SD kelas 3,4,5,6 itu sesuatu banget kata Syahrini, kenakalan dan tingkah lucu murid2 SD itu sangat menyenangkan dan membuatku tertantang untuk lebih sabar menghadapi mereka,huuuuhhhhh… saat mengajar Pramuka, ane udah beberapa kali ngajar di SD yang ada di Klaten, dari yang di kota ampe yang di desa, dari sekedar ngajar mingguan sampai ngajar untuk lomba seKabupaten, pokoknya seruuuuu….
Setelah beberapa bulan, ane dapat tawaran ngajar privat dengan materi bahasa inggris, matika, dan ada juga yang all in one, jadi semua pelajaran SD ane pelajari,hiks2 berat emang bagi ane mengulang pelajaran SD, kalau anda pasti lebih jago dari ane. Lalu ada kerjaan lagi gaess, temen ane yang punya jabatan penting di BEM manggil ane dan bermaksud menyampaikan niatnya untuk memberikan kerjaan buat ane,(ini bukan KKN ya, tapi temen ane ngasih tugas/kerja yang sesuai dengan daerahnya masing2, jadi lebih paham tentang daerah tersebut dan diharapkan hasilnya akan lebih optimal) kerjaannya menjadi surveyor sanitasi air yang di galakan dari mana ane lupa,hehe Sebulan kurang ane survey ke rumah-rumah untuk mencari data tentang kebersihan air di lingkungan tersebut. Wah seru banget, tertantang nih mental. Akhirnya, kegiatan mengajar Pramuka, les privat serta kegiatan kerja yang lain ane stop dulu di akhir tahun 2010, soalnya ane mau fokus skripsi. Dan tahun 2011 ane resmi wisuda gan, (kok biasa aja ya, gak seneng banget)
Seminggu setelah ane lulus, ane ke Jambi, ane mengadu nasib untuk menjadi GTT di SD dan TU di MA Swasta, tapi jujur ane gak bertahan lama disana, dan akhirnya kembali ke Jawa, maafkan saya pak ibu guru dan Bu kepala Sekolah MA Swasta, saya udah mengecewakan anda semua, maaf. Ada beberapa hal yang membuat saya harus pulang. Tapi yang jelas saya betah banget disana, betaaaah baaaanget. Setelah tiba di Jawa, ane melamar di sekolah2 mulai dari Sragen-Surakarta-Boyolali-Jogjakarta-Kulonprogo namun mayoritas pihak sekolah bilang tidak bisa memberikan harapan diterima karena ada memorandum tentang penerimaan GTT di sekolah negeri, wokey gapapa, gue bisa terima kok. Lalu di Jogjakarta ada Jobfair, ane datang dan masukin CV dibanyak tempat, ngirit waktu dan tenaga, haha. Selang beberapa minggu ada panggilan di MNC Life, dan BCA Finance Jogjakarta, ane ikut tes tapi gak lolos. 3 bulan ane nganggur dan keluyuran kesana kemari tak ada hasil, Menginjak bulan Mei, ane dapat panggilan kerja gaess, seneng banget saat itu, tapi yang bikin galau ialah dihari dan jam yang sama ane harus tes di dua tempat yang berbeda, ane harus milih salah satu dari dua itu, buset daaahhhh,,,, pilihan pertama tes GTT guru disekolah swasta di Klaten dan satunya salesman di Solo, semalaman ane berfikir, maklum baru kali ini dihadapkan antara cita-cita dan kesempatan, kalau cita-cita ane jadi guru bahasa Inggris di sekolah tapi ane yakin yang ikut tes gak kalah hebatnya dan lebih jago dari ane, terus yang satunya adalah kesempatan ane bekerja, karena di PT yang di Solo itu sedang membutuhkan salesman, urgent gitu loh, akhirnya setelah ane berfikir dan mempertimbangkan baik tidaknya, ane dah mendapatkan jawaban, dan jawabannya adalah eng ing engggg,,,, ane mengundurkan diri dari tes guru dan mengikuti tes salesman yang ada di Solo. Akhirnya setelah tes salesman itu ane dinyatakan lolos dan esoknya mulai training, asik asik jos jos, hehe. Ane gak malu kerja jadi salesman yang bawa “bronjong”, ane keliling toko dan menawarkan produk2 yang ane bawa, banyak banget suka dukanya, setelah berjalan 2 bulan jadi salesman, ane diberi kabar temen ane - ada lowongan guru di lembaga pendidikan tapi ngajarnya di sekolah, ane fikir2 dululah,,,,,


Mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dalam penulisan maupun ada hal yang tidak berkenan bagi para pembaca. Saya tidak bermaksud buruk kepada siapapun – karena ini hanyalah cerita pengalaman saya. Diatasnya langit masih ada langit dan saya akui masih banyak orang hebat dari saya dan salah satunya yang sedang membaca tulisan saya ini.

SHARE THIS

Author:

This blog is only to remember all about Vocational High School and inside of this. (Gunung Kidul) My Blog - Diary of Togetherness , TOKO ONLINE SPREI & BED COVER dan CHORD SONGS

Previous Post
Next Post