How to make a question? (Past)

Beberapa hari yang lalu didaerah saya terjadi hujan dan angin yang sangat kencang sehingga banyak pohon roboh, bahkan pohon yang besar pun ikut roboh, selain itu genteng juga ada yang pecah. Sungguh mengerikan dan mendungnya pun sangat gelap. Huuhhh kalau ingat itu sangat menakutkan.
Oiya sampai lupa untuk menyapa sobat semuanya. Bagaimana kabar anda? Semoga baik2 saja disana. Tadi diawal saya menceritakan kejadian yang terjadi beberapa hari lalu didaerah saya. Dan sekarang saya juga ingin membahas tentang tenses yang digunakan untuk menyatakan peristiwa/kejadian di masa lampau. Tapi lebih membahas kepada cara membuat kalimat tanya, karena di post saya yang sebelumnya – kita telah membahas tentang Past tense.
Mari kita sedikit mereview tentang past tense – sekaligus merefresh pemahaman kita mengenai past tense dan cara membuat kalimat tanya di kalimat present tense di post yang lalu:


Rumus Simple Past Tense:
Nominal                                              verbal
I + to be (was)                                     I/We/You/They + V.II (Kata kerja kedua)
We/You/They + to be (were)                He/She/It + V.II
He/She/It + to be (was)

Contoh:
I was happy yesterday
I went to Jakarta.

Nah, mari kita ingat lagi bagaimana caranya membuat kalimat tanya di kalimat present tense, ini penting karena cara membuat kalimat tanya di kalimat past tense juga akan seperti di kalimat present tense – tapi ada perbedaannya sedikit. Mari kita ingat kembali:

Father reads a newspaper everyday
Menjadi
Does father read a newspaper everyday?

Jaka listens to American radio
Menjadi
Does Jaka listen to American radio?

Jika di present tense ditambah dengan “do atau does” maka di past kita juga menambahkan “do atau does” tetapi dalam bentuk V.II (Kata kerja kedua) atau menjadi “Did”. Atau ilustrasi lengkapnya seperti dibawah ini:
V.I                   V.II
Do/does           did

Masih ingat kan rumus past tense, yaitu subject ditambah V.II, sehingga kita nanti akan menggunakan Did karena Did adalah V.II dari Do. Paham kan??

Baiklah langsung saja kita lihat contoh membuat kalimat tanya di kalimat past tense dibawah ini:

Kalimat pernyataan     : She was sick last night. (dia sakit tadi malam)
Kalimat pertanyaan     : Was she sick last night? (apakah dia sakit tadi malam?)
Kalimat pernyataan     : I went to Jakarta last week. (saya pergi ke Jakarta minggu lalu)
Kalimat pertanyaan     : Did I go to Jakarta last week? (apakah saya pergi ke Jakarta minggu lalu?)

Nah untuk mengubah kalimat dari to be – pasti tidak ada kesulitan. Tetapi lihatlah kalimat yang menggunakan kata kerja - disana ada yang berubah, yaitu V.II menjadi V.I karena didepannya sudah ada V.II yaitu did. Bisa dipahami khan??
Oke, kita cari contoh lagi ya, lihatlah dan perhatikan dengan cermat contoh dibawah ini:
Kalimat pernyataaan   : They brought my book just now.
  “A”
Mari kita jadikan kalimat tanya

Kalimat pertanyaan     : Did they bring my book just now?
                                                      “A”
“A” itu maksudnya brought menjadi bring. Dari V.II menjadi V.I

Nah, saya yakin tidak ada kesulitan untuk memahami contoh diatas. Dan perlu di ingat bahwa di Past tense ini “Did” selalu digunakan oleh semua Subject. Jangan bingung dulu, mari kita lihat keterangan dibawah ini dengan seksama:

Simple Present Tense                          Simple Past Tense
Do untuk I/You/We/They                    Did untuk I/You/We/They/He/She/It
Does untuk He/She/It

Bagaimana sekarang, makin jelas bukan? Saya yakin anda cepat memahami contoh2 diatas, karena anda cerdas dan luar biasa.
Oya, setelah ini, mari kita latihan Speaking menggunakan kalimat pernyataan dan pertanyaan dari Simple Present dan Past. Tapi alangkah baiknya jika pembahasan ini di pahami dulu sampai sedetail mungkin agar nanti tidak ada yang membuat bingung lagi.
Baiklah, selamat belajar dan sampai jumpa lagi di post selanjutnya
Bye

SHARE THIS

Author:

This blog is only to remember all about Vocational High School and inside of this. (Gunung Kidul) My Blog - Diary of Togetherness , TOKO ONLINE SPREI & BED COVER dan CHORD SONGS

Previous Post
Next Post