TENSES : Simple Present Tense

Halo semua... wah masih kelihatan segar yach.. apa sich resepnya.. bagi2 donk... saya tunggu ya,hee
Oke, sekarang kita akan melanjutkan pembahasan mengenai bahasa asing – Bahasa Inggris. Ternyata didalam bahasa Inggris itu ada keunikannya, dan mempermudah kita untuk memahami kapan hal/peristiwa sedang terjadi. Betul banget, yaitu tentang tenses – tenses bisa dikatakan perubahan kata kerja atau pembeda waktu yang sudah/sedang/akan terjadi suatu peristiwa.
Berikut Tenses dalam Bahasa Inggris:
Simple Present – S. Past – S. Future – S. Past Future
Present Continous – Past C. – Future C. – Past Future C.
Present Perfect – Past P. – Future P. – Past Future P.
Present Perfect Continous – Past P. C. – Future P. C. – Past Future P. C.

Memang ada banyak sekali. Yaitu 16 tenses, tetapi jangan khawatir,
sekali lagi saya sampaikan bahwa kita harus mempelajari sebuah bahasa dengan sabar dan telaten – selain itu juga sedikit demi sedikit, agar kita tidak cepat bingung dan tentunya semakin hafal dan mengerti dari maksud tenses tersebut.
Untuk yang pertama, kita bahas dulu yang biasa digunakan dalam keseharian yaitu “Simple Present” nah ini nanti juga ada hubungannya dengan pembahasan yang sebelumnya, yaitu mengenai To Be, subject pronoun, object pronoun dan possesive pronoun. Sehingga saat kita menggabungkan pembahasan yang sebelumnya dengan sekarang maka lama2 kita akan cepat bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris, apalagi saya sangat yakin bahwa anda pasti bisa – karena anda luar biasa. Langsung saja kita mulai ya..
Rumus dari Simple Present Tense
Nominal                                              verbal
I + to be (am)                                      I/We/You/They + V.I (Kata kerja pertama)
We/You/They + to be (are)                  He/She/It + V.I + (s/es)
He/She/It + to be (is)

Catatan:
Nominal maksudnya jika setelah subject pronoun kita menambahkan/menggunakan selain kata kerja, misal kata benda, kata sifat dll
Verbal maksudnya jika setelah subject pronoun kita menambahkan/menggunakan kata kerja.

Contoh nominal:                     Contoh Verbal
I am a student.                        I go to the movie theater.
We are happy.                        We go to school.
It is a book.                            Mother goes to market.

Sudah paham ya menggunakan tenses berupa simple present, sekarang kita pelajari lagi kapan kita harus menggunakannya dan apa saja kegunaannya. Ini dia:
Simple present tense kita gunakan untuk menerangkan sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi saat ini, juga bisa untuk menjelaskan kegiatan kita yang terjadi secara berulang – ulang, entah itu seminggu sekali, sebulan sekali atau mungkin 5 tahun sekali.
Contoh lagi ya:
I wake up at 4.00 A.M everyday.
Father reads a newspaper every morning.
Mother goes to market every saturday.
My brother listens to English radio every night.

Saran saya, usahakan latihan bahasa Inggris setiap hari, karena bahasa itu seperti sebuah kebiasaan. Kita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Melayu dll karena setiap hari kita menggunakannya. Saya tahu, pasti bingungnya ama siapa yang latihan dan apa saja yang harus digunakan untuk latihan. Tidak perlu mempersulit sebuah langkah kita untuk terus maju, yang kita perlukan adalah sebuah variasi, jika kita sudah paham dengan pembahasan A misalnya, kita coba ingat2 lagi dan kita variasikan dengan kata2 yang lain, tidak perlu gengsi untuk membuka kamus, semua hal itu berawal dari nol, mari kita berusaha dan pantang menyerah. anda sangat luar biasa.

Baiklah, saya punya beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia dan saya mau minta tolong kalimat ini dirubah kedalam bahasa Inggris. Tolong di bantu ya...hee
Saya berangkat sekolah setiap pagi.
Ibu membuat sarapan setiap pagi.
Kami belajar bahasa Inggris setiap hari
Kita bermain sepakbola di lapangan setiap hari rabu.
Mereka latihan bernyanyi setiap minggu.
Kakak menulis surat lamaran kerja setiap 2 minggu
Ayah dan ibu pergi wisata setiap 5 bulan
Dia (laki-laki) sedih.
Dia (perempuan) sakit.
Kami bahagia.

SHARE THIS

Author:

This blog is only to remember all about Vocational High School and inside of this. (Gunung Kidul) My Blog - Diary of Togetherness , TOKO ONLINE SPREI & BED COVER dan CHORD SONGS

Previous Post
Next Post